"Bekerjalah untuk duniamu seakan-akan kamu akan hidup untuk selamanya, dan beribadahlah untuk akhiratmu seakan-akan esok kamu akan meninggal dunia"

Minggu, 27 Maret 2011

Filosofi Lebah

Rasulullah saw. bersabda, “Perumpamaan orang beriman itu bagaikan lebah. Ia makan yang bersih, mengeluarkan sesuatu yang bersih, hinggap di tempat yang bersih dan tidak merusak atau mematahkan (yang dihinggapinya) .”(Ahmad, Al-Hakim, dan Al-Bazzar)
http://asruldinazis.wordpress.com/2007/05/09/jadilah-seperti-lebah/

Cara hidup lebah patut dicontoh oleh seorang mukmin. Lebah melambangkan kearifan dan kebijaksanaan dalam memenuhi kebutuhannya. Mereka tidak pernah merusak sumberdaya yang dibutuhkannya dan hanya mengambil seperlunya. Mereka mengolah makanannya sendiri tanpa bantuan orang lain dan menghasilkan madu yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Lebah juga mencontohkan kerendahan diri. Mereka tidak pernah melukai jika tidak merasa terancam. Jika salah satu dari mereka mendapatkan ancaman mereka selalu menunjukkan solidaritas dengan menyerang musuhnya secara bersama-sama.

Mereka hidup secara beorganisasi, masing-sing memiliki kedudukan sendiri dalam kelompok, memiliki tugas dan wewenang sendiri-sendiri dan dijalankan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar